Subscribe:

Ads 468x60px

Translate

buaya untuk blogger

Kamis, 06 September 2012

PECINTA RASULULLAH SAW.COM

Your RSS feed from RSSFWD.com. Update your RSS subscription
RSSFWD

PECINTA RASULULLAH SAW.COM

<center>Blog tempat berbagi ilmu demi kelestarian aswaja di NKRI</center>

Aneka logo mata satu logo resmi negara taukhid
Thursday, September 06, 2012 9:55 AM

Sejak kapan Horus & Matasatu muncul di negeri yg katanya Islami?



badge lengan asykar najd



rompi asykar najd




logo pemadam Kebakaran nejd



kesatuan pemantau kecepatan lantas Nejed



bagde kepolisian I Nejed, Timoer Medinah



badge kepolisian II Nejed, Timoer Medinah.
Logo penerbit salafy di Indonesia

Staff IT nejd

warga & asykar

pin kerah seragam

rompi relawan

kantor IT

logo pada topi baret askar

logo special forces dengan jangka Terbalik


logo di lengan asykar

relawan II

logo di pintu kendaraan patroli

mobil patroli muthawe

jeep patroli muthawe

jeep patroli muthawe 2

Symbol Polisi Militer Najdiyyun

IT commandante

mobil patroli muthawe dengan armed M-16 officer

para officer muthawe


Sekolah Intelijen nejd

Jip Patroli 2011

Pejabat Intelijen nejd

Pejabat Intelijen nejd

Interpol Su'ud

Foto Bareng di depan Sekolah Intelijenlogo di pintu tetep tasyabbuh mata satuNejed ( Timoer Medinah )


Logo badge asykar mata satu


Polisi Ndeso Bagian ASIR

Logo mata satu




















Telaah TEKS PIAGAM MADINAH
Thursday, September 06, 2012 3:20 AM


Teks Piagam Madinah adalah teks perjanjian dengan orang-orang Yahudi, bentuk TEKS PIAGAM MADINAHberupa Kalimat-kalimat shahifah (piagam), seperti tercantum dalam kitab Sirah al Nabawiyah Ibn Hisyam, tersusun secara bersambung, tidak terbagi atas pasal-pasal dan bukan berbentuk syair. Bismillah al Rahman al Rahim tertulis pada awal naskah, disusul dengan rangkaian kalimat berbentuk prosa. Ilmuan muslim dan non muslim banyak yang mengutip naskah ituyang dibagi atas pasal-pasal. Muhmmad Hamidullah, misalnya mengutip teks itu selengkapnya dan membaginya atas 47 pasal.(Majmu'ah al Wasa'iq al Siyasiyah Li al 'Ahd al Nabawiyy wa Khilafah al Rasyidah). W.Montgomery Watt, dalam bukunya, Muhammad at Medina, mencantumkan terjemahan piagam itu dalam bahasa Inggris, tanpa mengutip bahasa Arabnya. Ia membagi naskah itu atas 47 pasal mengikuti Wensink.

Naskah Piagam Madinah yang paling banyak dikutip adalah yang tercantum di dalam kitab Sirah Al Nabawiyah susunan Ibnu Hisyam, karena kitab sirah inilah yang agaknya paling banyak beredar.

??? ??? ????? ???? ???? ???? ??? ???? ???? ???? ????? ??? ????????? ???????? ???? ??? ???? ??????? ?????? ??? ????? ???????? ???? ??? ?????? ?????

Ibnu Ishaq berkata : " Setelah itu Rasulullah SAW membuat perjanjian antara kaum Muhajirin dengan kaum Anshar. Dalam perjanjian tersebut, Rasulullah SAW tidak memerangi orang-orang Yahudi, membuat perjanjian dengan mereka, mengakui agama dan harta mereka dan membuat persyaratan bagi mereka.
??? ???? ?????? ??????
"Dengan menyebut Nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang"
                            
??? ???? ?? ???? ????? ??? ???? ???? ???? ??? ???????? ????????? ?? ???? ????? ??? ????? ???? ??? ????? ????
"ini adalah piagam dari Muhammad, Nabi SAW, dikalangan mukminin dan Muslimin (yang berasal) dari Quraisy dan Yasrib dan orang yang mengikuti mereka, menggabungkan diri dan berjuang bersama mereka."

 ???? ??? ????? ?? ??? ?????
1.      "Sesungguhnya mereka satu Ummat, lain dari (komunitas) manusia yang lain"
????????? ?? ???? ??? ?????? ???????? ????? ??? ????? ?????? ???????? ?????? ??? ????????
2.      "Kaum Muhajirin dari Quraisy sesuai keadaan (kebiasaan )mereka, bahu-membahu membayar diat di antara mereka dan mereka membayar tebusan tawanan dengan cara yang bak dan adil di antara mukminin."
???? ??? ??? ?????? ???????? ??????? ?????? ?? ????? ???? ?????? ??????? ?????? ??? ????????
3.      "Banu 'Awf, sesuai keadaan mereka, bahu-membahu membayar diat di antara mereka seperti semula, dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan baik dan adil di antara mukminin."
 ???? ????? ??? ?????? ???????? ??????? ?????? ??? ????? ???? ???? ?????? ???????? ?????? ??? ????????
4.      "Banu Sa'idah sesuai keadaan mereka, bahu membahu membayar diat di antara mereka (seperti) semula dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan cara yang baik dan adil di antara Mukminin."
 ???? ?????? ??? ?????? ???????? ??????? ?????? ??? ????? ???? ?????? ???????? ?????? ??? ????????
5.      "Banu al Hars, sesuai keadaan mereka , bahu membahu membayar diat di antara mereka (seperti) semula dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan cara yang baik dan adil di antara Mukminin."
 ???? ??? ??? ?????? ???????? ??????? ?????? ??? ????? ???? ???? ?????? ???????? ?????? ??? ????????
6.      "Banu Jusyam, sesuai keadaan mereka , bahu membahu membayar diat di antara mereka (seperti) semula dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan cara yang baik dan adil di antara Mukminin."
???? ?????? ??? ?????? ???????? ??????? ?????? ??? ????? ???? ???? ?????? ???????? ?????? ??? ????????
7.      "Banu An Najjar, sesuai keadaan (Kebiasaan) mereka , bahu membahu membayar diat di antara mereka (seperti) semula dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan cara yang baik dan adil di antara Mukminin."

 ???? ???? ?? ??? ??? ?????? ???????? ??????? ?????? ??? ????? ???? ?????? ???????? ?????? ??? ????????
8.      "Banu Amr Ibnu 'Auf, sesuai keadaan (Kebiasaan) mereka , bahu membahu membayar diat di antara mereka (seperti) semula dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan cara yang baik dan adil di antara Mukminin."

 ???? ?????? ??? ?????? ???????? ??????? ?????? ??? ????? ???? ?????? ???????? ?????? ??? ????????
9.      "Banu Al Nabit, sesuai keadaan (Kebiasaan) mereka , bahu membahu membayar diat di antara mereka (seperti) semula dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan cara yang baik dan adil di antara Mukminin."

 ???? ????? ??? ?????? ???????? ??????? ?????? ??? ????? ???? ???? ?????? ?????????????? ??? ????????
10.  "Banu Al Aus, sesuai keadaan (Kebiasaan) mereka , bahu membahu membayar diat di antara mereka (seperti) semula dan setiap suku membayar tebusan tawanan dengan cara yang baik dan adil di antara Mukminin."
??? ???????? ?? ?????? ????? ????? ?? ????? ???????? ?? ???? ?? ???.
11.  "Sesungguhnya mukminin tidak boleh membiarkan orang yang  berat menanggung utang di antara mereka, tetapi membantunya dengan baik dalam pembayaran tebusan atau diyat."
??? ??? ???? ?????? ?????? ?????? ??????? ?????? ??? ?????? ... ??? ??? ?? ???? ???? ????? ... ????? ???? ?????? ???????
"Ibnu Hisyam berkata : Al Mufrah adalah orang yang mempunyai hutang yang berat dan memiliki tanggungan keluarga yang banyak. Seorang penyair berkata : .ketika engkau tidak jelas menyampaikan amanah...dan engkau menanggung yang lain maka aku menitipkan kepadamu barang-barang titipan."
 ??? ?? ????? ???? ???? ???? ????
12.  "Seorang Mukmin tidak dibolehkan membuat persekutuan dengan sekutu mukmin lainnya tanpa persetujuan dari padanya."
??? ???????? ??????? ??? ?? ??? ???? ?? ????? ????? ??? ?? ??? ?? ????? ?? ???? ??? ???????? ??? ?????? ???? ????? ??? ??? ??? ?????
13.  "Orang-orang mukmin yang takwa harus menentang orang yang di antara mereka mencari atau menuntut sesuatu secara dzalim, jahat, melakukan permusuhan atau kerusakan dikalangan mukminin. Kekuatan mereka bersatu dalam menentangnya, sekalipun ia anak dari salah seorang di antara mereka."
 ??? ???? ???? ????? ?? ???? ??? ???? ????? ??? ????
14.  "Seorang Mu'min tidak boleh membunuh orang beriman lainnya lantaran (membunuh) orang kafir. Tidak boleh pula orang mukmin membantu orang kafir untuk (membunuh) orang beriman."
 ??? ??? ???? ????? ???? ????? ?????? ??? ???????? ????? ????? ??? ??? ?????
15.  "Jamainan Allah satu. Jaminan (perlindungn) diberikan oleh mereka yang dekat. Sesungguhnya mukminin itu saling  membantu, tidak tergantung pada manusia lain."
 ???? ?? ????? ?? ???? ??? ?? ????? ??????? ??? ??????? ??? ???????? ?????
16.  "Sesungguhnya orang Yahudi yang mengikuti kita berhak atas pertolongan dan santunan, sepanjang (mukminin) tidak terdzalimi dan ditentang (olehnya)."
??? ??? ???????? ????? ?? ????? ???? ??? ???? ?? ???? ?? ???? ???? ??? ??? ???? ???? ?????
17.  "Perdamaian mukminin adalah satu. Seorang mukmin tidak boleh membuat perdamaian tanpa ikut serta mukmin yang lainnya di dalam suatu peperangan di jalan Allah, kecuali atas dasar kesamaan dan keadilan di antara mereka."
 ??? ?? ????? ??? ???? ???? ????? ????
18.  "Setiap pasukan yang berperang bersama kita harus bahu membahu satu sama lain."
??? ???????? ???? ????? ??? ??? ??? ??? ?????? ?? ???? ???? ??? ???????? ??????? ??? ???? ??? ??????
19.  "orang-orang mukmin itu membalas pembunuh mukmin lainnya dalam peperangan di jalan Allah. Orang-orang beriman dan bertaqwa berada pada petunjuk yang terbaik dan lurus."
???? ?? ???? ???? ???? ????? ??? ???? ??? ???? ???? ??? ????
20.  "orang musyrik (Yasrib) dilarang melindungi harta dan jiwa orang (musyrik) Quraisy, dan tidak boleh campur tangan melawan orang beriman."
 ???? ?? ????? ????? ???? ?? ???? ???? ??? ?? ??? ?? ???? ??? ??????? ??? ???????? ???? ???? ??? ??? ??? ??? ???? ????
21.  "Barangsiapa membunuh orang beriman dan cukup bukti atas perbuatannya, harus dihukum bunuh, kecuali wali si terbunuh rela (menerima diat). Segenap orang beriman harus bersatu dalam menghukumnya."
 ???? ?? ??? ????? ??? ??? ?? ??? ??????? ???? ????? ?????? ????? ?? ???? ????? ??? ????? ???? ?? ???? ?? ???? ??? ???? ???? ???? ????? ??? ??????? ??? ???? ??? ??? ??? ???
22.   Tidak halal bagi orang mukmin yang mengaki piagam ini, percaya kepada Allah dan hari Akhir, untuk membantu pembunuh dan memberi tempat kediaman kepadanya. Siapa yang memberi bantuan atau menyediakan tempat tinggal bagi pelanggar itu, akan mendapat kutukan dan kemurkaan Allah di hari Kimat, dan tidak diterima dari padanya penyesalan dan tebusan."
 ????? ???? ??????? ??? ?? ??? ??? ???? ??? ???? ?? ??? ???? ???? ??? ???? ???? ????
23.  Apabila kalian berselisih tentang sesuatu, penyelesaiannya menurut (ketentuan) Allah 'Azza Wazalla dan keputusan Muhammad SAW."
 ??? ?????? ?????? ?? ???????? ?? ????? ???????
24.  "Kaum Yahudi memikul biaya bersama mukminin selama dalam peperangan."
??? ???? ??? ??? ??? ?? ???????? ?????? ????? ????????? ????? ??????? ??????? ??? ?? ??? ???? ???? ?? ???? ??? ???? ???? ????
25.  "Kaum Yahudi Dari Bani Auf adalah satu umat dengan mukminin. Bagi kaum Yahudi agama mereka, dan bagi kaum mukminin agama mereka. Juga (kebebasan ini berlaku) bagi sekutu-sekutu dan diri mereka sendiri, kecuali bagi yang dzalim dan jahat. Hal demikian akan merusak diri dan keluarganya."
 ??? ????? ??? ?????? ??? ?? ????? ??? ???
26.  "Kaum Yahudi Bani Najjar diperlakukan sama seperti Yahudi Bani Auf."
 ??? ????? ??? ?????? ??? ?? ????? ??? ???
27.  "Kaum Yahudi Bani Al Haris diperlakukan sama seperti Yahudi Bani Auf."
??? ????? ??? ????? ??? ?? ????? ?? ???
28.  "Kaum Yahudi Bani Sa'idah diperlakukan sama seperti Yahudi Bani Auf."

??? ????? ??? ??? ??? ?? ????? ??? ???
29.  "Kaum Yahudi Bani Jusyam diperlakukan sama seperti Yahudi Bani Auf."

??? ????? ??? ????? ??? ?? ????? ??? ???
30.  "Kaum Yahudi Bani Al Aus diperlakukan sama seperti Yahudi Bani Auf."

 ??? ????? ??? ????? ??? ?? ????? ??? ??? ??? ?? ??? ???? ???? ?? ???? ??? ???? ???? ????
31.  "Kaum Yahudi Bani Tsa'labah diperlakukan sama seperti Yahudi Bani Auf. Kecuali orng Dzaim atau khianat. Hukumannya hanya menimpa diri dan keluarganya."
??? ???? ??? ?? ????? ???????
32.  "suku Jafnah dari Tsa'labah( diperlakukan) sama seperti mereka (Banu Tsa'labah).
 ??? ???? ??????? ??? ?? ????? ??? ??? ??? ???? ??? ?????
33.  "Banu Syuthaibah (diperlakukan) sama seperti Yahudi Banu 'Auf. Sesungguhnya kebaikan (kesetiaan) itu lain dari kejahatan.
??? ????? ????? ???????
34.  "Sekutu-seutu Tsa'labah (diperlakukan) sama seperti mereka (Banu Tsa'labah)
??? ????? ???? ???????
35.  "Kerabat Yahudi (diluar kota madinah) sama seperti mereka (Yahudi)."
 ???? ?? ???? ???? ??? ??? ???? ???? ??? ???? ???? ???? ???? ?? ????? ??? ??? ??? ???? ?? ??? ?????? ??? ???? ???? ??? ?? ??? ??? ???? ??? ??? ???
36.  "Tidak seorangpun dibenarkan ke luar (untuk perang), kecuali seizing Muhammad SAW. ia tidak boleh dihalangi (menuntut pembalasan) uka (yang dibuat orang lain). Siapa berbuat jahat (membunuh), maka balsan kejahatan itu akan menimpa diri dan keluarganya, kecuali ia teraniaya. Sesungguhnya Allah sangat membenarkan (ketentuan )ini."
??? ??? ?????? ?????? ???? ???????? ?????? ??? ????? ????? ??? ?? ???? ??? ??? ??????? ??? ????? ????? ???????? ????? ??? ????? ???? ?? ???? ???? ?????? ??? ????? ???????
37.  "Bagi kaum Yahudi ada kewajiban biaya, dan bagi kaum muslimin ada kewajiban biaya. Mereka (yahudi dan Muslimin) saling membantu dalam menghadapi musuh warga Piagam ini. Mereka saling memeberi saran dan nasehat. Memenuhi janji lawan dari khianat. Seseorang tidak menanggung hukuman akibat (kesalahan) sekutunya. Pembelaan diberikan kepada pihak yang teraniaya."
 ??? ?????? ?????? ?? ???????? ?? ????? ???????
38.  "Kaum Yahudi memikul biaya bersama mukminin selama dalam peperangan."
 ??? ???? ???? ????? ???? ??? ???????
39.  "Sesungguhnya Yasrib itu tanahnya Haram (suci) bagi warga Piagam ini."
 ??? ????? ?????? ??? ???? ??? ???
40.  "Orang yang mendapat jaminan (diperlakukan) seperti diri penjamin, sepanjang tidak bertindak merugikan dan tidak khianat."
???? ?? ???? ???? ??? ???? ?????
41.  "Tidak boleh jaminan diberikan, kecuali seizizn ahlinya."
 ???? ?? ??? ??? ??? ??? ??????? ?? ??? ?? ?????? ???? ????? ??? ???? ??? ???? ?? ??????? ???? ???? ???? ??? ???? ???? ???? ??? ???? ??? ???? ?? ?? ??? ??????? ?????
42.  "Bila terjadi suatu peristiwa atau suatu perselisihan di antara pendukung Piagam ini, yang dikhawatirkan menimbulkan bahaya, diserahkan penyelesaiannya menurut (ketentuan) Allah 'Azza wa Jalla, dan (keputusan) Muhammad SAW. sesungguhnya Allah paling memelihara dan memandang baik isi piagam ini."
 ???? ?? ???? ???? ??? ?? ?????
43.  "Sungguh tidak ada jaminan perlindungan bagi quraisy (Mekah) dan juga bagi pendukung mereka."
??? ????? ????? ??? ?? ??? ????
44.  "Mereka (pendukung Piagam) bahu-membahu dalam menghadapi penyerang kota Yasrib."
???? ???? ??? ??? ???????? ???????? ????? ???????? ???????? ????? ??? ??????? ??? ??? ???? ??? ??? ???????? ??? ?? ???? ?? ????? ??? ?? ???? ????? ?? ?????? ???? ?????
45.  "Apabila mereka (pendukung  Piagam) diajak berdamai dan mereka (pihak lawan ) memenuhi perdamaian serta melaksanakan perdamaian itu, maka perdamaian itu harus dipatuhi. Jika mereka diajak berdamai seperti itu, kaum mukminin wajib memenuhi ajakan dan melaksanakan perdamaian itu, kecuali terhadap orang yang menyerang agama. Setiap orang wajib melaksanakan (kewajiban) masing-masing sesuai tugasnya."
??? ???? ????? ??????? ??????? ??? ??? ?? ???? ??? ??????? ?? ???? ????? ?? ??? ??? ???????. ??? ??? ???? ????? ?? ???? ?????? ?? ??? ??? ???????
??? ??? ????? ??? ???? ??? ????? ?? ???? ???? ??? ??? ???? ??? ???? ??? ???? ?? ?? ??? ??????? ?????
46.  "Kaum Yahudi Al Aus, sekutu dan diri mereka memiliki hak dan kewajiban seperti kelompok lain pendukung Piagam ini, bersama kebaikan yang murni dari pendukung Piagam ini. Ibnu Hsyam berkata : dan dikatakan bersama kebaikan yang berbuat baik dari pendkung piagam ini. Ibnu Ishaq berkata : sesungguhnya kebaikan itu bukanlah dosa. Setiap orang bertanggungjawab atas perbuatannya. Sesunggunya Allah paling memebenarkan dan memandang baik isi piagam ini."
 ???? ?? ???? ??? ?????? ??? ???? ???? ???? ?? ??? ??? ??? ??? ??? ???????? ??? ?? ??? ?? ??? ??? ???? ??? ??? ?? ????? ????? ???? ???? ??? ???? ???? ????
47.  " sesungguhnya piagam ini tidak membela orang dzalim dan khianat. Orang yang keluar (bepergian) aman, dan orang yang berada di Madinah aman, kecuali orang yang dzalim dan khianat. Allah adalah penjamin orang yang berbuat baik dan taqwa. Muhammad SAW."
 )?????? ??????? ???? ???? (- (3 / 35)


OTENTISITAS RIWAYAT

Naskah Piagam Madinah ini populer melalui Riwayat Ibnu Hisyam (w.213 H) dalam kitabnya al Sirah al Nabawiyyah. Sebenarnya kitab Ibnu Hisyam ini merupakan ringkasan dari kitab al Sirah Al Nabawiyyah karya Ibnu Ishaq (w.151 H). Jadi apa yang disebutkan oleh Ibnu Hisyam itu sebenarnya secara material adalah riwyat Ibnu Ishaq. Kemudian apakah Ibnu Ishaq itu seorang yang tsiqah(kredibel), sehingga apa yang ia riwayatkan dapat diterima sebagai dalil atau hujjah(argument) dalam agama Islam?

Ulama Jarh wa Ta'dil (para kritikus hadis) berbeda pendapat dalam menilai Ibnu Ishaq. Sebagian ulama mengatakan bahwa Ibnu Ishaq itu tsiqah (kredibel), sedangkan ulama yang lain menilainya majruh (inkredibel), bahkan ada yang menuduhnya berdusta. Sebagimana Biogarfi Ibnu Ishaq yang dijelaskan oleh Imam Al dzahabi dalam Mizan al I'tidal Fi Naqd al Rijal :


???? ?? ????? ?? ???? [ ??? ? ??? ]? ??? ??? ???????? ?????? ??????? ??? ?????? ???????.
????? ?? ??? ??? ?????? ?? ????? ??? ?? ????? ?? ????????? ?? ??? ????.??? ???? ????? ???? ??????? ???? ?? ???? ?? ??? ???? ????????? ?????? ???????? ?????? ???????. ???? ????????? ???????? ?? ???? ????? ???????? ????? ??????? ????? ?? ?????? ????.
???? ??? ????: ?? ??? ?? ??? ???? ?? ?????????. ???? ??? ????? ????? ????? [ ?????????? ] (1).??? ???? ??????? ???? ???? ??? ??? ?? ?? ??? ?? ?????? ?? ??????? ??????? ???????? ???????? ????????.
??? ??????: ???? ???? ?????? ???? ????? ???? ?????????: ??? ??? ???? ? ???: ??? ??? ?? ????? ???? ??????.???: ???? ???? ?????.???? ???? ?? ????: ?? ??? ??????.???? ??? ????: ???? ???? ????.???? ??? ?? ???????: ????? ???? ????.???? ??????? ?????: ??? ??????.
???? ?????????: ?? ???? ??.???? ???? ?? ???? ?????: ????? ???? ????: ??? ????? ???? ???????? ?? ??????.???? ???? ????: ?? ????.???? ???? ?? ??????? ?? ????: ??? ??????? ???? ???? ????? ???. ???? ??? ???????: ?? ??? ?? ??? ?????? ??????.???? ??? ????: ???? ??????.???? ?????? ??????: ????.???? ????: ???? ???? ?? ???? ????: ????.???? ????: ???? ????? ?? ??? ????? ??????.???? ????????? ?? ????: ??? ???? ?? ???????? ????? ?????? ??? ?????.???? ???? ?? ???: ????? ??? ?????? ???: ??? ??? ???? ???? ??: ?? ??? ????? ????: ?????? ??? ??? ???? ???? ??????.???? ????: ?????? ??? ???? ?? ????????.???? ??? ?????: ???? ??? ????? ?? ???? ????? ???????? ?? ????? ??? ???.?????? ??????.???? ??? ????? ?? ???? ?? ????? ???: ?? ???? ?? ??? ????? ??? ???????.???? ??????: ???? ???? ????: ??? ??? ???? ????? ??? ???? ?? ???? ?? ??? ? ????: ???? ???? ???.??? ????: ????? ?? ??? ????? ???? ?? ??? ??????? ????? ?? ??????.???? ???? ?? ????.
????? ????? ???: ???? ???? ?? ???? ??? ??? ???? ??? ?????? - ???? ???? ?? ????? / ??????? ????? ??? ??????.???: ??? ???? ???? ?? ???? ? ????? ??? ???? ?? ??????? ?? ??? ???? ??? ???? ?? ??? ????? ?????? ?? ???? ????? ??? ?? ?? ??? ? ??? ???? ????? ?? ???? ?????. ???? ???: ???? ???? ?????? ????: ??? ??? ????? ??? ?????? ?????? ???? ???? ????? ?? ??? ????? ?????? ????? ?? ?????? ???? ??? ??? ??????: ??? ?? ????. ???: ?? ??? ????.??? (1): ????? ?? ????? ??? ???????.??? ??: ??? ????? ?????.???? ???: ???? ??? ????? ????: ?? ???? ???? ????? ?? ??? ????? ??? [ ?? ???? ] (2) ?? ?????.???? ???: ???? ???? ????: ???? ?? ?????? ???? ?????? ????? ?? ???? ??????.???? ??? ??? ????: ???? ??? ????? ???? ?? ??? ?? ??? ??????. ???: ?? ?????? ?? ????? ???????????? ?? ??? ?????? ?? ???? ??? ???? ???? ????: ????? ?? ??? ??????? ??? ???.???? ??? ????? ??? ?????? ?????????? ??? ???????? ???? ??? ???? ?? ???? ???? ?? ??????? ?? ??????? ??? ??? ???? ?? ??????? ?? ????? ??? ??? ?? ?? ?? ???? ???? ????? ?? ?????? ??????. ???? ????: ?? ???? ??????? ???.??? ??: ???? ??? ?????? ?????? ??? ??? ? ???: ?? ???? ?????? ??????. ???? ??: ???? ??? ???? ?? ???? ? ???: ??.??? ???????: ?? ????? ?? ??? ???? ???: ???? ?? ????? ???????? ???? ??? ???: ??? ??? ????? ???? ???????.???: ?? ???? ??? ????? ??? ??? ???? ??????? ?? ???? ??????? ??. ??? ????? ???????? ????? ??? ???? ?????? ?? ????? ???: ??? ???? ??????: ???? ?? ???? ?? ????? ????. ???: ??? ????? ? ???: ??? ?? ????? ???? ?????: ??? ????? ? ???: ??? ?? ???? ?? ???.???? ?????: ??? ????? ? ???: ??? ?? ???? ?? ????? ???: ??? ????? ?? ????: ??? ????? ? ???: ??? ?? ?????? ????? ??? ??????? ?????? ??? ??? ??? ???? ??? ???? ??? ??? ???? ???? ?????.???: ?? ????? ?? ???? ?????? ??? ??? ??? ????? ?????? ??? ????? ??? ????? ??? ?? ??? ?????. ??? ?????. ?? ?? ??? ???? ???? ?? ????? ???? ????? ?? ?? ???? ?????? ?????? ?? ?? ??? ?? ???? ????? ???? ??? ??? ??? ??? ???? ?? ???? ??? ??? ?? ???? ???????? ????? ???? ?? ???? ?????? ???? ???? ?????? ?? ??? ???? ??? ??? ????? ???? ?????? ???? ???? ???? ??? ????? ??? ??? ??? ?????? ??? ?? ????. ???????? ??? ????? ?? ??? ????? ??? ??? ????????? ????? ?? ???? ?? ????? ?????? ??? ???? ?????. ??? ??? ?? ??? ????? ????? ??? ??? ???? ????????? ???? ??? ????: ???? ???? ?? ????? ???? ??????? ???????? ?????? ????? ?????. ???? ??? ??? ?????? (1): ??? ?? ??? ????? ??? ???? ??? ????? ???? ????? ??????? ??????? ?? ?????? ???? ??????? ??????? ???.???? ??? ???? ????????: ????? ??? ???????? ???: ???? ??? ????? ????: ????? ?????. ???? ??: ?? ? ???: ????? ???????.???? ????? ?? ??? ????? ???: ????? ?? ??? ???? ?? ???? ?? ??? ???? ?? ???? ?? ?????. ???? ?? ????? ?? ??? ?????? ?? ??????? ?? ?????? ?? ???? ??? ?? ???? ????? ?? ???????? ? ???: ?????? (1) ????? ?? ??? ??????. ???? ??? ????: ???? ???? ?? ???? ?? ??? ?????? ?? ??? ? ???: ?? ????? ????? ???? ???? ?? ???? ?????????? ????? ?? ??? ??????.??? ???? ???????? ????? ??????? ?? ????? ???: ??? ???? ??? ??? ????? ???? ??? ?? ?? ?? ????? ??? ?????? ???? ????.???? ???? ?? ??????? ?? ??? ?????: ???? ??????? ????: ??? ?????? ?? ???? ???? ????? ??? ?? ??? ??? ??? ?????? - ???? ???? ?? ?????. ???? ????? ??? ????? ?????? ?? ?????? ?? ??????.?????: ?? ???? ???????? ??? ????? ???.???? ????? ?? ????: ???? ???? ?? ???? ??? ??? ????? ? ???: ??? ????.  ???: ??? ???? ?? ???? [ ?? ] (2) ? ???: ??? ???? ?????.[ ???? ] (2) ???? ?? ???? ???????: ????? ?????????? ???: ??? ?? ???? ??? ????? ?????? ????? ??????? ????: ??? ???? ?????? ??? ?????? ??? ??????? ???? ???? ????? ?? ??? ????? ??????? ???? ????? ?? ??? ?????? ??? ??? ??? ????? ?? ??? ??? ?????? ?????? ???? ?? ??? ??????? ???? - ??? ????: ?? ??? ?????.???? ?? ???? ?? ???? ??? ??? ??? ????? ?????? ?? ?????? ???? ??????? ??? ???? ??????. ??? ???? ?? ?????: ???? ???? ????: ?? ??? ?? ????? ????? ??? ????? ??? ????????. ???? ?? ????? ????? ????? ?? ????? ?? ???? ?? ?????? ?? ?????? ?? ????? ?? ??? ????? - ?? ????? ??? ???? ???? ???? ??? ??? ??????? ???? ?????. ???? ?? ???? ???????? ????? ????? ?? ???? ?? ?????? ?? ??????? ?? ??? ????? - ??????: ??????? ?????? ???????? ??????.??? ???? ????????? ????? ???? ?? ????? ???: ??? ??? ?????: ?????
????? ?? ??????? ?? ?????? ?? ??? ???: ????? ???? ???? ??? ???? ???? ???? ?????? ?? ??????.
?? ??? ??? ??? ??? ?????? ???? ????? ?? ???? ?? ??????? ??????? ??????.??????? ?? ???? ?? ??? ?????? ????? ????? ??????? ?? ???? ?? ????? ?? ??? ????? ???: ???? ????? ???? ?????? ???????? ?? ?? ???? ????? ?? ???????? ????? ???? ?? ??? ?????? ????? ??????? ?? ????? ?? ??? ?? ???? ??????: ???? ???? ???? ??? ???? ???? ???? ????: ?? ?? ???? ???????.????: ??? ???? ?????? ?? ???? ??? ???.???? ?? ????? (1 [ ?? ??? ????? ] 1)? ?? ????????? ?? ??????? ?? ??????? ?? ??? ????? ?? ??? ??? - ??? ??? ??? ??? ???? ?????: ?? ??? ???? ??? ???? ???? ???? ??? ? ???? ???? ?? ???.??? ??? ???? ?? ???? ????? ????? ?? ????????: ??? ?? ???? ???? ???? ?? ???? ???? ???? ?? ???? ???? ???? ?? ???? ???? ?? ???? ????? ???? ???? ?? ???. ??????? ?? ??????? ???: ???? ???? ?? ??????: ????? ?????????? ????? ??? ?????? ????? ???? ?? ???? ?? ????? ???: ??? ??? ???? ?? ???? ?????? ??? ?? ???? ????? ????? ????? ????? ???? ?? ??? ???????? ??? ???? ???? ???? ??? ????? ??? ???? ???? ???? ????: ??? ??? ??? ?? ????? ???? ?? ?? ???? ??????? ??????? ???? ????. ???? ???? ??????? ???? ???? ?? ??? ????? ????? ?? ????? ????? ????? ??? ???? ???????? (1) ????? ?????: ?? ????? ??? ???? ???? ???? ????? ??????? ????? ??? ??? ????? ?? ????? ????? ??? ???? ???? ???? ?????: ???. ??? ????? ???? ?????? ??? ??? ???? ???? ?? ???? ??? ???? ???? ???????. ?? ??? ?????? ????? ???? ?? ???? ?? ??????? ?? ????? ?? ??? ?? ????? ???: ??? ???? ?? ????? ???? ????? ???????? ???? ????? ?? ??? ???? ???? ??? ???? ???? ????? ???? ??? ??????. ???: ???? ??? ???? ???? ??? ? ???: ????? ?? ???? ??? ?? ??? ????? ?? ?? ???? ??? ??? ??? ?????. ???? ??? ???? ?? ????.??? ???????: ??? ???? ???? ?? ????? ??? ?? ???? ??? ?????. ??? ??? ???? ?? ???? ?????? ??? ????? ?????? ??? ??? ?? ??????? ?? ????? (2) ?? ???? ???? ??????.????? ???? ?? ??? ??? ???? ????? ??? ????? ?? ??????? ??? ?????? ???????? ??? ?? ??? ??.???? ??????: ????? ??? ?? ???????? ???: ???? ??? ??? ????? - ???? ???? ??????? - ???? ?????? ?? ?????.????? ???? ??? ??? ????? ????? ??? ????? ?? ?????? ?? ???? ????: ???? (3) ?? ???? ?????? ?? ??? ????? ?? ??????? ????.???? ????? ?? ???? ??????? ??????: ???? ???? ?? ??????? ????: ???? ?? ????? ????? ?? ???? ?? ??? ???? ????? ??? ?? ?????? ???? ???. ???? ????? ?? ????: ???? ??? ??????? ?? ??? ?????? ???: ????? ???? ????.???: ????? ???? ??? ? ???: ???? ?? ?????? ??? ????? ??? ?? ??? ???????? ? ???: ????? ?? ???? ?? ???? ??? ? ???: ???? ??? ???? ??? ????? ???? ??? ??? ?????? ??? ???? ???? ????? ??? ????? ?????? ??? ?????? ???? ???: ????? ??? ??????? ????: ??? ??? ??????? ?????: ????? ????? ?? ?????? ?? ????? ?? ???? ?? ????? ?? ??? ????? ??? ?? ???? ????? ?? ???? ?? ????. ???? ???? ?? ??????? ??????: ??? ????? ???.??? ??? ????? ??? ???? ?????? ?????.???? ????? ????? ????? ???? ?? ?? ??? ????? ??? ??????? ???? ????? ????? ??? ????? ?? ???? ?????? ??? ?? ???? ????.??? ???? ?? ????? ????? ????.??? ?????? ???? ????? ?????? ???? ????? ????? ?? ?????. )????? ???????? (- (3 / 476)

Melihat penjelasan para ulama di atas bagaimanapun riwayat Ibnu Ishaq ini masih kontroversial. Karenanya riwayat Ibnu Ishaq itu masih memiliki peluang untuk ditinjau kembali, termasuk tentunya, riwayat Ibnu Ishaq tentang Piagam Madinah.

Namun demikian menurut pendapat Imam al Dzahabi dalam kitab Mizal Al I'tidal fi Naqd al Rijal, apabila riwayat Ibnu Ishaq itu juga diriwayatkan oleh rawi lain, maka riwayat Ibnu Ishaq itu dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Dengan kata lain riwayat Ibnu Ishaq itu dapat dijadikan dalil. Sementara itu, riwayat tentang Piagam Madinah itu selain diriwayatkan oleh Ibnu Hisyam, juga diriwayatkan oleh Imam Ahmad Bin Hambal dalam kitabnya al Musnad, Dan juga piagam Madinah diriwayatkan oleh Imam Ibnu Khaitsamah. Semua riwayat itu bersumber dari seorang sahabat yang bernama Abdullah bin 'Amr al 'Ash. Demikian menurut penuturan Muhammad Sa'id Ramadhan Al Buthi dalam kitabnya Fiqh al Sirah.

Menurut Pak Ali, beliau telah meneliti di dalam Musnadnya Imam Ahmad namun tidak di sebutkan semua pasal, adapun di dalam kitabnya Imam Ibnu Khaitsam juga belum sempat di teliti. Jadi masih ada ruang untuk meneliti lebih dalam lagi, sehingga otentitas riwayarnya bisa dipertanggungjawabkan dalam kacamata ilmu Hadis.

Kajin-kajian terhadap Piagam Madinah ini banyak dilakukan baik oleh para Orientalis juga oleh kalangan Muslim, termasuk dalam bentuk perbandingan. Prof. DR. Ahmad Sukarja melakukan penelitian tentang Piagam Madinah dan Undang-Undang dasar 1945 ; Kajian Perbandingan Tentang Dasar Hidup bersama Dalam Masyarkat Yang Majemuk, yang  Merupakan penelitian sebagai Disertasi beliau dalam program S3, dan sudah diterbitkan dalam sebuah buku. Wallahua'lam.


02/03/12



RSSFWD - From RSS to Inbox
3600 O'Donnell Street, Suite 200, Baltimore, MD 21224. (410) 230-0061
WhatCounts

0 komentar:

Posting Komentar

buaya maya